Peralatan Menggambar Manga Sederhana

27 01 2010

Untuk menggambar sebuah gambar manga atau komik model Jepang, untuk pemula seperti Saya dulu cuma pakai kertas HVS 80 gr, Pensil HB dan B (Kalo Pakai 2B boleh tapi terlalu tebal) dan pakai pencil mekanik ya… Trus pakai spidol hitam merk Snowman yang harganya Rp 1000an itu. Trus efek-efeknya pakai tinta china disapu pakai kuas. He he he…

Tapi Kalo teman-teman ingin belajar serius ya pakai peralatan yang serius juga. Biasanya Kami pakai:

1. Kertas

Kertas yang dipakai ngga usah yang mahal-mahal. Cukup pakai kertas gambar atau HVS 80gr. Ntar kalo sudah dapat order, Teman-teman boleh pakai kertas gambar yang harganya selembar nyampai belasan ribu.

2. Pensil

Biar hasilnya bagus pakai pensil biru (blue pencil). Tujuannya kalo pas nanti di scan untuk efek di komputer, gambarnya biar ngga terlalu jelas. selain. Tapi kalo terlalu mahal, atau nggambarnya cuma hitam putih, bisa pakai pensil mekanik biasa. sediain yang HB dan B juga 2B.

3. Penghapus

Kalo teman-teman sudah ahli mungkin ngga pakai penghapus seh (he he he…) tapi wajib disanding dech. Ntar mungkin ada gambar yang salah kan ngga mungkin dihapus pakai karet gelang (kayak anak SD jaman dulu… he he he…). Gunakan penghapus yang lunak. Bisa pakai penghapus untuk kalo teman-teman ujian. Kalo teman-teman pengin profesional banget, Kami saranin pakai Deleter MangaTool Standard, harganya sih kisaran 3,898 Yen. Di surabaya dan Jakarta ada ngga ya? Pas Kami beli di Singapore, harganya kisaran SGD 50. Mahal ya? Kan katanya mau jadi profesional jadi “Jer Basuki Mawa Bea” kata nenek nenek tuh. :) Ya kalo baru belajar, beli penghapus yang ada di toko sebelah rumah aja dech. Kalo yang salah pas pakai pen, hapus aja pakai stippo. Tapi jangan kental-kental atau banyak-banyak ya ntar jadi jelek..

4. Pen

teman-teman juga harus menyediakan pen gambar sendiri. Syukur-syukur kalo bisa pakai pen gambar yang profesional selain tintanya bagus tentunya gambarnya juga terpengaruh. Bisa pakai Rotring. Tapi kalo Papa Mama atau tabungan Teman-teman sendiri ngga banyak, jangan maksain lho. Ntar bisa-bisa Kami didemo. he he he… Iyalah harga satu set rotring bisa mencapai 1 jutaan. Pakai pen gambar lainnya aja dech… yang terpenting teman-teman punya pen ukuran 0.03, 0.1, 0.2 sampai dengan 3.0. Lengkap? Bagus itu. Tapi kalo ngga lengkap, usahain, ukuran 0.1, 0.2, 0.5 dan 1.0 harus ada selain perelngkapan diatas. Mau beli GPen? Boleh…. atau mau beli yang paling mahal ´╗┐Sakura Pigma Micron. Tapi yang belajar dulu yang rajin. Pakai profesional pen tapi ngga bisa gambar? Nah itu bencana besar… Mubadzir banget…

5. Penggaris

Kalo ini ngga perlu dijelasin lagi gunanya untuk apa ya… he he he. Tapi perlu diingat kalo untuk menggunakan penggaris usahain jangan sampai bekas garisannya mengotori bidang gambar lainnya. Biar ngga kotor, pakai alas koin di bawah penggarisnya ya…

6.  Marker

Kalo nggambarnya udah pada jago, dan butuh warna ngga hitam-putih, teman-teman butuh namanya spidol marker. Tujuannya untuk mewarnai background dan benda yang perlu penebalan warna. Tapi ngga terlalu penting untuk saat kita belajar. Tapi Kita harus tahu juga lho. Masa mangaka sejati ngga tau apa itu peralatan2 yang dibutuhkan. ;) harganya cukup mahal juga sih. Kalo di Surabaya, Kami ngga bisa nemuin! Ya iyalah harganya kisaran Rp175.000 per marker! Pakai pensil untuk mengarsirnya aja dulu ya… Bisa pakai pensil Staedtler EB atau kalo mau yang lebih tebal tapi ngga mengkilap bisa pakai pensil Carbon atau Conte. Di Gramedia ada kok. Amankan? ngga perlu ke Singapore dech…. :)

7. Screen Tone

Nah, kalo ini jangan dibeli dulu ya… Kecuali kalo teman-teman sudah punya duit. Soalnya harganya mahal. Fungsinya untuk menghiasi bidang gambar. screen tone ini adalah motif-motif yang biasa ada digambar anda nantinya. Banyak yang bisa digunakan dari ini. Kami untuk mernghemat pengeluaran, pakai cat poster aja.

8. Cutter

Ya tentunya untuk memotong ya… :) mungkin disuatu saat Anda membutuhkan sesuatu untuk membantu gambar anda lebih baik, Anda bisa menggunakan cutter tersebut.

9. Kuas

Kalo teman-teman pakai cat poster atau tinta china atau tinta bak, maka perlu disiapin juga kuas yang berujung lancip dan yang berujung datar. Untuk mengarsir atau keperluan lain.

Sekian dulu tulisan Kami ini dibuat semoga bermanfaat….

About these ads

Actions

Information

One response

13 08 2010
uzumaki fajar dwi

aduch…..pralatanya koq mahal2 bangetz ea?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: